Halo sahabat Kak Agus, Salam dan Bahagia.
Akun belajar.id adalah akun pembelajara yang disediakan oleh Kemdikbudristek sebagai kunci untuk masuk ke Platform - platform Layanan Kemdikbud Ristek, seperti Portal Rumah Belajar, Platform Merdeka Mengajar, SimPKB, hingga Raport Pendidikan. Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dibuat untuk mendukung aktivitas pembelajaran bagi penggunanya. Karena itu, nama akun (User ID) Sahabat tidak dapat diganti karena sudah dirancang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Lalu bagaimana dengan password? Untuk kata sandi (password), Sahabat dapat melakukan pergantian dengan dua kondisi yaitu Sesaat setelah aktivasi dan setelah Sahabat menjadi pengguna aktif atau apabila Sahabat lupa kata sandi (password).
Setelah melakukan aktifasi akun belajar.id, tentunya kita diarahkan untuk membuat password baru yang mudah untuk kita ingat. Namun, sering kali password yang kita buat dengan cermat ternyata salah dan tidak dapat digunakan untuk mengakses akun belajar.id. Wah, password nya lupa, bagaimana ya caranya untuk reset password ? Kemana dan Siapa ya, yang dapat dihibungi ? Tenang, tenang, saat ini sahabat tidak perlu khawatir dan bingung lagi, apabila Sahabat lupa kata sandi (password), selain melalui Admin Sekolah sekarang Sahabat juga dapat melakukan reset (pengaturan ulang) kata sandi Akun belajar.id secara mandiri di situs belajar.id. Ingin tahu bagaimana panduannya? yuk kita simak bersama langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Buka laman https://belajar.id kemudian klik tombol ‘Reset Password’.2. Masukkan data yang dibutuhkan dengan sesuai yaitu: Nama akun (user id) Akun belajar.id dan Tanggal lahir
Catatan: Data Akun belajar.id Anda tersinkronisasi dengan data di Dapodik. Jika ada perbedaan atau kesalahan data, harap untuk melakukan perbaikan data terlebih dahulu di Dapodik agar dapat melakukan proses reset kata sandi sesuai dengan panduan ini.
5. Cek kembali data tersebut dan pilih metode yang diinginkan untuk mendapatkan informasi pengaturan ulang kata sandi Sahabat.
Apa yang harus dilakukan jika saya tidak menerima tautan atau kode?
Jika Sahabat memilih untuk mengirimkan kode melalui email pribadi, pastikan :
- Email pribadi yang tertera sudah sesuai dengan email pribadi yang terdaftar di Dapodik dan tidak ada kesalahan pengetikan.
- Email pribadi dalam kondisi aktif dan sering digunakan.
- Cek seluruh folder email selain inbox, termasuk spam dan junk.
- Apabila belum menerima tautan melalui email pribadi, silakan mencoba metode pengiriman kode lainnya, yaitu melalui nomor handphone.
Apabila Sahabat memilih untuk mengirimkan kode melalui nomor handphone, pastikan :
- Nomor handphone yang tertera sudah benar dan sesuai dengan nomor handphone yang terdaftar di Dapodik.
- Nomor handphone dalam kondisi aktif dan memiliki pulsa untuk menerima SMS.
- Kondisi sinyal penyedia layanan dalam kondisi tersambung dengan baik.
- Apabila belum menerima kode OTP, silakan mencoba metode pengiriman lainnya, yaitu melalui email pribadi.
Jika kendala masih terjadi, harap untuk menghubungi Admin Sekolah untuk bantuan lebih lanjut reset kata sandi. Apabila proses reset password belum berhasil melalui Admin Sekolah, silakan menghubungi tim Helpdesk melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.
Penting Untuk Sahabat!
Mohon untuk menyimpan informasi detail akun Anda dengan baik dan pilih tempat serta kata sandi yang tidak mudah diakses orang lain. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan layanan pengelola sandi terpercaya, jika Anda kesulitan mengingat sandi.
Infografis Fitur Reser Password (Mandiri) pada situs Belajar.id |
0 Comments:
Posting Komentar