Kamis, 17 September 2020

"Kiat Membangun Media Sosial Pribadi yang Sukses"

 Tulisan berikut ini adalah uraian singkat tentang materi yang didapat dari Kuliah Umum PembaTIK Level 4 hari ini dari narasumber yang luar biasa hebat, yaitu Wicaksono (@ndorokakung)


"Kiat Membangun Media Sosial Pribadi yang Sukses"



Mengapa Media Sosial ?

Media sosial yang biasa kita gunakan adalah youtube, istagram, facebook,  twiter dan yang sedang populer saat ini adalah tiktok. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh pada januari 2020 tercatat dari 272,1 juta pendudukan Indonesia ternyata lebih dari separuhnya yaitu 64% penduduk Indonesia adalah pengguna akses internet. Jika dihitung ada sejumlah 175,4 juta penduduk Indonesia yang aktif sebagai internet users. Apalagi jika kita melihat situasi saat ini yang masih dalam masa pandemi, dan banyak kegiatan - kegiatan yang dilakukan secara online dari sekolah online, kuliah on line, webinar, wisuda, hingga yang paling hangat menjadi perbincangan dan sempat viral adalah ospek on line. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan media sosial berkembang sangat pesat. 




Berdasarkan data pula, yang menarik adalah dari 175,4 juta orang indonesia yang mengakses internet terdapat 59% nya atau sejumlah 160 juta orang memiliki akun dan aktif di media sosial. Tentu dapat dibayangkan satu diantara dua orang indonesia ternyata memiliki media sosial. Nah dengan melihat data ini dapat kita katakan bahwa media sosial aadalah salah satu medium yang sangat populer di Indonesia. Selain itu dari sekian banyaknya pengguna internet di Indonesia ternyata 98% nya mengakses internet melalui handphone baik dengan smartphones maupun dengan feature phones dengan rata - rata lama mengakses internet dalam sehari dengan smartphone nya adalah 4 jam 46 menit, bahkan adalah yang lebih lama. Selain menggunakan smartphone tentunya ada juga yang mengakses internet dengan gadget/gawai lainnya seperti tablet atau laptop rata - rata 7 jam 59 menit perhari, dimana 3 jam setengahnya digunakan untuk menggunakan media sosial. Jika dicari data kelompok umur pengguna media sosial di Indonesia ternyata penduduk indonesia yang berumur 18 - 34 tahun mendominasi pengunaan media sosial di Indonesia. Artinya bahwa kebanyakan interaksi yang terjadi di media sosial adalah interaksi dari kelompok umur ini. Sedangkan kelompok umur di atas 34 tahun jarang mengakses media sosial karena informasi yang dibagikan di media sosial belum dapat menarik minat dan perhatian kelompok umur ini. Dengan demikian berdasarkan data kelompok umur ini kita bisa menyesuaikan konten - konten yang kita buat agar dapat juga dikonsumsi sesuai dengan kelompok umurnya. Hal ini penting membangun media sosial yang sukses. Jadi mengenali audiens adalah salah satu kunci kesusksesan membuat media sosial. Data pun menunjukkan bahwa youtube sebagai platform media sosial yang paling populer indonesia, diikuti oleh facebool dam instagram. Youtube dapat populer karena menyediakan audio dan visual dalam penyajiannya, dimana pengguna media sosial sangat menyukai informasi yang disajikan dalam audio maupun visual. Data - data ini menunjukkan bahwa media sosial sangatlah populer di Indonesia. Media sosial digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk sumber informasi (kemacetan, bencana alam, berita, dst), ada juga yang menggunakan untuk berjualan, untuk belajar dst. Intinya media sosial ini adalah tempat di mana orang -orang menggunakannnya sebagai media. Dimana orang -orang menyebutnya "We are the Media". Artinya pengguna media sosial sekarang ini tidak hanya mengkonsumsi konten media sosial, tetapi juga memproduksi konten media sosial. Jadi selain sebagai konsumen juga sebagai produsen.


Bagaimana membangun media sosial yang sukses ? Apa sajakah faktor yang mempengaruhi kesusksesan suatu media sosial ?




Elemen Penting dalam mengembangkan sosial media ada 2, yaitu Strategi Konten dan Pemasaran

Elemen 1 : Stategi konten

1. Memilih platform

2. Optimasi bio

3. Produksi menulis foto, video, dan infografik

4. Penjadwalan posting

5. Penyesuaian dengan algoritma

6. Pemanfaatan tanda pagar


Elemen 2 : Pemasaran

1. Membangun personal branding

2. Optimasi akun media sosial

3. Optimasi website/blog (SEO)

4. Iklan

5. Email

6. Kolaborasi (affiliate)


10 Kiat Sukses Membangun Media Sosial

1. Tetapkan tujuan yang masuk akal

membuat 10 siswa mahir bahasa inggris tingkat dasar dalam 6 bulan lewat instagram

2. Menemukan target konsumen

Pilih secara spresifik konsumen media sosial anda

3. Jadilah diri anda sendiri

Setiap orang berbeda, jadilah pribadi yag memiliki ciri khas dan unik

4. Cari Jejaring, bukan Pengikut

Bukan jumlah pengikut yang penting, tetapi jejaring dan tingkat pelibatannya

5. Membuat jadwal editorial

merencanakan jadwal penerbitan konten secara teratur akan melatih kedisiplinan

6. Fokus membantu orang lain

Buatlah konten yang memberi solusi, jawaban, membantu orang meyelesaikan masalah

7. Berinteraksi dengan khalayak

Media sosial bukan koran dinding, tapi ruang percakapan publik

8. Berkreasi dengan konten visual

Manusia pada umumnya lebih mudah memahami materi visual foto adalah sejuta kata

9. Buatlah kehadiran anda diketahui umum

mempunyai lebih dari satu akun media sosial, rajin promosi akun dan bersilaturahmi digital

10. Selalu aktif

Akun media sosial bukan kebutuhan. Produksi dan untuk konten secara teratur.


video lengkapnya dapat di cek di https://youtu.be/O4mcQeG--Ew




Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim

#PembaTIK2020

#pembatiklevel4

#PembatikLevel4Bali

#RumahBelajar

#tributetohendriwidiatmoko

#guruberbagi

#gurupenggerak


0 Comments:

Posting Komentar