Kamis, 17 September 2020

Mengenal Duta Rumah Belajar

Halo Sahabat baca, jumpa lagi dengan Kak Agus. Pada kesempatan kali ini Kakak ingin berbagi cerita tentang Duta Rumah Belajar. Apakah Duta Rumah Belajar dan Siapakah yang bisa menjadi Duta Rumah Belajar? Yuk, kita mengenal lebih dekat. Berikut ini sedikit paparan mengenai Duta Rumah Belajar.

Apakah Duta Rumah Belajar ?

Untuk Sahabat ketahui Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pusdatin Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id).


Apa Manfaat Menjadi Duta Rumah Belajar ?


Ada banyak manfaat yang Sahabat bisa rasakan jika didaulat menjadi Duta Rumah Belajar. Salah satunya adalah menjadi wajah perwakilan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar. Selain itu, Sahabat juga berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah. Kemudian, Sahabat juga berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah. Serta yang lebih serunya lagi adalah Sahabat dapat bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Apa Syarat & Ketentuan Menjadi Duta Rumah Belajar ?


Sahabat dapat menjadi Duta Rumah belajar jika memenuhi beberapa syarat dan ketentuan, yaitu Sahabat haruslah Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Guru Tetap Yayasan (GTY)/Guru Honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan SK PNS bagi Guru PNS, kemudian SK Pengangkatan dari Yayasan bagi GTY dan surat keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan bagi Guru Honorer. Selain itu Sahabat juga wajib mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas).

Bagaimana Tahapan Menjadi Duta Rumah Belajar ?

Untuk menjadi Duta Rumah Belajar, Sahabat harus melewati 4 level BimTek yang berkaitan dengan Pembelajaran berbasis TIK atau yang dikenal dengan PembaTIK. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak video berikut.



Apa Tugas dan Fungsi Duta Rumah Belajar ?


Adapun tugas Sahabat jika terpilih menjadi Duta Rumah Belajar adalah membantu mensosialisasikan dan mendeseminasikan portal Rumah Belajar kepada rekan sesama guru yang ada di daerahnya maupun ke dalam komunitas guru tersebut. Serta Sahabat juga akan menjadi solusi bagi pendayagunaan TIK kedalam pembelajaran khususnya pemanfaatan portal Rumah Belajar


Demikianlah pemaparan Kakak mengenai Duta Rumah Belajar. Jika Sahabat ingin tahu infomasi lebih lengkap dan aktifitas - aktifitas dari Duta Rumah Belajar, Sahabat bisa cek pada media sosial Duta Rumah Belajar di bawah ini.

 


0 Comments:

Posting Komentar