Sabtu, 19 September 2020

Infografis Pembelajaran Matematika pada Topik Statistika berbantuan Video Pembelajaran dari Sumber belajar Portal Rumah Belajar.

Tahukah sahabat Infografis itu apa ?

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat. Infografis dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu infografis statis, infografis animasi dan infografis interaktif.



Apakah Infografis dapat diterapkan dalam pembelajaran?


Infografis dalam bidang pendidikan di kenal dengan istilah edugrafis, yaitu salah metode penyampaian informasi dalam hal ini pengetahuan melalui desain komunikasi Visual yang menarik, atraktif, dan interaktif. Saat ini edugrafis mulai digunakan dalam pendidikan,namun masih terbatas. Penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Salah satu alasannya adalah informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan via teks, dimana informasi akan diproses secara linear (dari awal kalimat hingga ke ujung kalimat). Melalui infografis, pendidik dapat mengembangkan dan menyampaikan konsep menggunakan suatu simbol untuk memproses data sehingga menghasilkan informasi secara visual (grafis).


Apakah manfaat Infografis dalam Pembelajaran matematika ?


Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik, karena dianggap materi yang sulit untuk dipahami dan sangat rumit untuk dipelajari. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari infografis secara umum.

Informasi Rumit Menjadi Enak Dipandang

Dengan menggunakan berbagai elemen seperti Chart, SmartArt, Shapes, Background, Font, Clip Art, Flat Color, Icon dan lainnya membuat informasi rumit menjadi lebih enak dipandang. Hal ini yang membuat penggunaan infografis menjadi penting dan bermanfaat. Sebenarnya ada banyak sekali elemen pada infografis yang dapat digunakan sesuai dengan tema pembahasan. Bila bingung akan membuat infografis dengan bentuk seperti apa, maka Sahabat dapat mencari berbagai bentuk infografis yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran pada laman instagram Rumah Belajar di @belajar.kemdikbud

Pembaca Langsung Mengetahui Inti Pembahasan Infografis

Dengan menggunakan infografis, maka setiap pembaca langsung akan mengetahui inti data yang disampaikan dengan cepat. Karena pada gambar infografis umumnya memiliki struktur yang dimulai dari judul pembahasan dan berlanjut pada pembukaan dan isi, kemudian ditutup dengan kesimpulan dan referensi data yang digunakan.

Mampu Meningkatkan Minat Pembaca

Dengan tampilan visual yang menarik, maka akan mampu juga meningkatkan minat pembaca. Hal ini biasanya terjadi pada sebuah blog yang melakukan pembahasan ringan sampai pembahasan ilmiah mengenai suatu persoalan yang perlu diketahui banyak orang. Umumnya infografis akan diletakan setelah beberapa paragraf yang sesuai dengan pembahasan infografis tersebut. Semakin berbobot pembahasan, maka sebaiknya dibuat menjadi lebih ringan, yaitu dengan mengubahnya menjadi infografis.

Infografis Lebih Terpercaya dan Profesional

Data dalam bentuk infografis umumnya menjadi daya tarik tersendiri, karena data yang dibuat menjadi lebih terpercaya dan profesional. Hal ini juga harus didukung oleh data yang valid dalam infografis tersebut. Sebaiknya meletakan referensi data yang digunakan pada infografis tersebut jika diperlukan.

Infografis Lebih Mudah Untuk Diingat

Infografis akan lebih mudah diingat dibandingkan pembahasan yang hanya menggunakan teks saja. Hal ini telah terjadi dari zaman dahulu sampai sekarang. Berbagai penelitian juga menyampaikan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingan teks.


Dari beberapa manfaat di atas dapat disimpulkan bahwa infografis penting digunakan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah pada pembelajaran. Infografis pun dapat digunakan untuk membahas aneka materi pembelajaran matematika dalam bentuk gambar atau video. Melihat permasalahan tersebut, tentu Infografis dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi siswa untuk mau membaca dan mempelajari matematika. Salah satunya adalah pada materi statistika.

Berikut ini adalah beberapa contoh infografis yang Kak Agus buat untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Contoh 1 :
Infograsif statis yang menyampaikan informasi tentang materi penyajian data ke dalam bentuk tabel distibusi frkuensi









Contoh 2 :
Infografis statis yang menyampaikan informasi tentang materi menentukan nilai Median dari data yang disajikan dalam tabel distribus frekuensi










Contoh 3 :
Infografis animasi yang menyampaikan informasi tentang materi menentukan nilai Median dari data yang disajikan dalam tabel distribus frekuensi disertai dengan video pembelajaran dari sumber belajar fitur portal rumah belajar.




Berikut ini adalah buku panduan yang berjudul "Kiat Infografis Keren dan berkualitas baik" yang diterbitkan oleh Kominfo. Buku ini dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat infografis yang menarik untuk pembelajaran matematika.



Disarikan dari berbagai sumber.

0 Comments:

Posting Komentar