Kamis, 17 September 2020

Ini PembaTIK, tidak ada hubungannya dengan kain Batik.

Halo Sahabat baca, jumpa lagi dengan Kak Agus. Pada kesempatan kali ini Kakak ingin berbagi cerita tentang PembaTIK. Pembatik di sini tidak ada kaitannya dengan kain Batik ya, tapi PembaTIK yang ini adalah akronim dari Pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Nah, berikut ini sedikit paparan mengenai PembaTIK. Yuk kita baca bersama.


Apa itu PembaTIK?

Sahabat baca, PembaTIK adalah akronim dari Pembelajaran berbasis TIK, yang merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Untuk Sahabat ketahui Standar kompetensi TIK yang ingin dicapai terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling). Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dari tahun 2017 hingga saat ini ditahun 2020.


Apa Manfaat Mengikuti PembaTIK ?

Untuk Sahabat baca ketahui, manfaat dari mengikuti kegiatan PembaTIK adalah yang pertama tentunya meningkatkan kemampuan TIK sahabat sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Kemudian yang kedua, Sahabat akan mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional. Serta, Sahabat juga berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar. (Apa itu Duta Rumah Belajar ?)


Apa Sajakah Tahapan - tahapan pelaksanaan program PembaTIK ?


Jika Sahabat baca mengikuti kegiatan PembaTIK, sahabat akan melalui beberapa tahapan yang terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling). Berikut ini pemaparannya, yuk kita baca bersama.



1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)


Pada Level 1, sahabat akan lebih banyak melakukan kegiatan mandiri dengan melakukan kegiatan literasi, sesuai dengan nama dari level ini yaitu Literasi TIK. Adapun bahan - bahan literasi yang akan sahabat temui adalah seputaran pembelajaran di era abad 21 yang mengintegrasikan TIK dapam pembelajaran. Selain itu Sahabat juga akan diperkenalkan tentang Portal Rumah Belajar dan fitur - fitur yang ada didalamnya. Portal Rumah Belajar dapat diakses pada laman https://belajar.kemdikbud.go.id. Pada Tahun ini kegiatan level 1 dilakukan pada bulan April hingga Juli 2020. Adapun langkah - langkah yang akan sahabat baca jalani dalam mengikuti level 1 adalah sebagai berikut : 
  • Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  • Mendaftar pada salah satu gelombang yang tersedia
  • Mengikuti kelas bimtek daring
  • Mengunduh modul dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri
  • Ujian sertifikasi daring Level 1
  • Peserta yang lulus mendapat sertifkat Level 1

2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)


Setelah mengikuti level 1 dan dinyatakan lulus, maka Sahabat baca secara otomatis akan dapat mengikuti tahapan berikutnya yaitu, Bimtek Daring Level 2. Berbeda dengan kegiatan pada Level 1 yang hanya melakukan kegiatan literasi, pada level 2 Sahabat baca diajak untuk mengimplemetasikan informasi yang telah diperoleh dari modul - modul pada level 1. Sahabat akan diajak untuk mengimplementasikan pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK sesuai dengan mata pelajaran yang Sahabat ampu. Adapun salah satu tugas akhir yang ditagih pada level 2 adalah sebuah video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK (fitur - fitur pada Portal Rumah Belajar) untuk pembelajaran. Pada Tahun ini kegiatan level 2 dilakukan pada bulan Mei hingga Juli 2020. Adapun langkah - langkah yang akan sahabat baca jalani dalam mengikuti level 2 adalah sebagai berikut :
  • Semua peserta yang lulus Level 1 melanjutkan ke Level 2
  • Melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 2 yang tersedia di aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  • Mengikuti kelas bimtek daring
  • Mengunduh modul dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri
  • Mengunggah video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK untuk pembelajaran
  • Ujian sertifikasi daring Level 2
  • Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 2

3. Bimtek Daring Level 3 (Kreasi TIK) 


Jika sahabat telah melalui level 1 dan 2, turut berbanggalah sahabat bisa lulus ke tahap Level 3. Mengapa? Iya, karena pada tahap ini Sahabat akan memperoleh pelatihan/tutorial mengenai pembuatan konten pembelajaran. Salah satunya adalah pembuatan video pembelajaran yang menarik, serta pembuatan media pembelajaran interaktif. Pada level ini sahabat akan ditemani oleh tutor - tutor handal yang juga merupakan Duta Rumah Belajar (DRB) tahun 2019 (DRB tahun - tahun sebelumnya). Mereka akan senang hati membantu dan mendampingi Sahabat dalam berkreasi membuat konten pembelajaran. Pada Tahun ini kegiatan level 3 dilakukan pada bulan Mei hingga Juli 2020. Adapun langkah - langkah yang akan sahabat baca jalani dalam mengikuti level 3 adalah sebagai berikut :
  • Semua peserta yang lulus Level 2 dapat melanjutkan ke Level 3.
  • Melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 3 yang tersedia di aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
  • Mengikuti kelas bimtek daring
  • Mengunduh modul dan dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri
  • Mengunggah Karya Konten Pembelajaran
  • Ujian sertifikasi daring Level 3
  • Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 3

4. Bimtek Daring Level 4 (Berbagi TIK)


Level 4 bisa dikatakan sebagai level pamungkas dari kegiatan ini. Setelah melalui level 1, 2 dan 3, jika Sahabat lolos ke level 4, maka sahabat adalah guru - guru terpilih dari masing - masing provinsi. Mengapa ? Iya, karena Sahabat adalah 30 peserta dengan nilai terbaik di level 3 dari masing - masing provinsi. Pada tahun 2020 saat ini kegiatan Level 4 atau Level Berbagi dilakukan melalui kelas daring selama 1 bulan. Diawali dengan kuliah umum mulai tanggal 14 September 2020, yang dibuka oleh Mas Menteri Nadiem Makarim. Kuliah umum ini merupakan pembekalan awal untuk peserta PembaTIK Level 4 dengan menghadirkan narasumber interaktif yang dilaksanakan dengan metode live streaming dan zoom meeting. Selanjutnya akan ada sesi coaching bagi para peserta terkait pembimbingan modul-modul pelatihan yang dilaksanakan secara virtual dengan zoom meeting pada setiap provinsinya. Dan kegiatan pamungkasnya adalah seleksi calon Duta Rumah Belajar, dengan mengambil 5 peserta terbaik dari masing-masing provinsi berdasarkan penilaian, dan selanjutnya akan dilakukan sesi wawancara dan pleno. Pada Tahun ini kegiatan level 4 dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2020. Adapun langkah - langkah yang akan sahabat baca jalani dalam mengikuti level 4 adalah sebagai berikut :
  • Peserta terpilih dari tiap provinsi akan mengikuti level 4 yang dilaksanakan tatap muka dengan 30 peserta di setiap provinsinya.
  • Melakukan Inovasi pembelajaran dan berbagi pengetahuan
  • Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat Level 4
  • Peserta terbaik di level 4 akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar

Demikian pemaparan Kakak mengenai PembaTIK yang bersumber dari https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id//user/pembatik_2020

Berikut ini adalah video kilas balik kegiatan PembaTIK 2020 dari Level 1 hingga Level 3 yang disampaikan oleh Bapak Arief Darmawan (Pusdatin Kemdikbud RI). Yuk kita simak bersama - sama.


0 Comments:

Posting Komentar