Sabtu, 19 September 2020

Pemanfaatan Sumber Belajar dan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran Fungsi Kuadrat

Pembelajaran matematika dengan topik fungsi kuadrat dengan memanfaatkan fitur pada portal rumah belajar, yaitu sumber belajar dan laboratorium maya. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatannya, yuk kita simak bersama.

Dokumentasi kegiatan pembelajaran

Berikut ini adalah kegiatan pembelajaran matematika di kelas X yang membahas tentang materi persamaan dan grafik fungsi kudrat. Pada kegiatan pembelajaran ini Kak Agus mengajak siswa untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam dan berdoa. Dilanjutkan dengan melakukan apersepsi yaitu dengan menciptakan suasana siap belajar, menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran. Adapun tujuan dari kegiatan pembelajaran yang ingin dicapai adalah Siswa dapat menentukan grafik fungsi kuadrat melalui kegiatan diskusi dan percobaan menggunakan fitur laboratorium maya pada portal Rumah Belajar dengan baik.

Pada awal kegiatan inti, Kak Agus menyampaikan sebuah permasalahan yang menggambarkan lintasan bola yang dilempar ke udara. Dimana lintasan bola tersebut berbentuk parabola. Posisi bola saat dilemparkan ke udara dalam selang waktu tertentu (t), membentuk sebuah fungsi f(x) yang berupa fungsi kuadrat. Nah, setelah peserta didik mengamati ilustrasi tersebut, Kakak mengajak peserta didik untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 4 - 5 orang untuk melakukan diskusi kelompok.

Dalam kelompok, para peserta didik mencoba untuk mengumpulkan pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat. Kemudian mereka mencoba untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut dengan mencari pada buku paket atau mengakses Sumber Belajar yang ada pada Portal Rumah Belajar. Selain mengumpulkan informasi mengenai persamaan dan fungsi kuadrat, para peserta didik juga Kakak ajak untuk melakukan percobaan dan menemukan grafik dari fungsi kuadrat yang Kakak berikan pada LKPD dengan bantuan Laboratorium Maya yang ada pada Portal Rumah Belajar. Setelah para peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok dan telah mengumpulkan informasi mengenai persamaan dan fungsi kuadrat, berikutnya Kakak berikan kesempatan kepada salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Serta memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi.


berikut ini adalah video dokumentasi kegiatan pembelajaran

Setelah selesai melakukan persentasi kelompok, berikutnya peserta didik diarahkan untuk kembali duduk di tempatnya semula. Kakak mengajak peserta didik untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan serta memberikan penekanan - penekanan pada konsep - konsep yang harus dipahami berkaitan dengan rersamaan dan fungsi kuadrat. Sebagai penutup kegiatan pembelajaran Kakak mengajak seluruh peserta didik untuk berdoa dan mengucap salam.


Demikianlah tadi paparan inovasi kegiatan pembelajaran yang Kak Agus lakukan pada pembelajaran matematika di kelas X. Dokumentasi ini adalah dokumentasi kegiatan peembelajaran pada tahun ajaran 2018/2019. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah membaca.

0 Comments:

Posting Komentar