Minggu, 18 Oktober 2020

#3 Sebuah cerita, kenangan serta pengalaman belajar dan berbagi bersama PembaTIK dan Rumah Belajar

Halo sahabat baca, jumpa lagi dengan Kak Agus,

Setelah sebelumnya kakak bercerita mengenai perjalanan menjadi Sahabat Rumah Belajar (Chapter 1 dan Chapter 2), pada tulisan kali ini kakak akan berbagi cerita mengenai pengalaman pertama mengadakan kegiatan sharing atau berbagi mengenai Pembelajaran TIK dan Portal Rumah Belajar. Kegiatan sharing ini merupakan salah satu tugas yang harus kakak lakukan sebagai Sahabat Rumah Belajar Tahun 2020. Yuk kita baca ceritanya.


Chapter 3
Memulai Langkah Kecil dalam Berbagi



Minggu, 4 Oktober 2020 menjadi langkah awal kak Agus sebagai sahabat  rumah belajar melalui kegiatan berbagi bertajuk Ngopi Yuk! Ngobrol asyik untuk jadi Pintar. Malam itu cuaca sangat cerah dan kondusif untuk melakukan video conference dengan menggunakan zoom. Jika cuaca cerah, maka tentunya koneksi internet akan mendukung kegiatan secara daring. Bersama kak Ika Desi yang juga merupakan sahabat rumah belajar, kak Agus berbagi informasi kepada sahabat kak Agus yang berada di wilayah Bali dan Lombok yang merupakan alumni PPG Daljab Universitas Mataram Tahun 2019. Kegiatan ini secara spontan kak Agus inisiasi untuk berbagi informasi mengenai Portal Rumah Belajar dan Inovasinya dalam pembelajaran, sekaligus sebagai ajang reuni bersama sahabat lama.
Room pada Zoom telah dibuka 30 menit sebelum kegiatan oleh kak Ika Desi. Sembari menunggu sahabat yang lainnya dan menunggu Pkl 19.00 Wita, kami pun menyapa sahabat alumni PPG satu persatu dan menanyakan kabar dan berharap mereka selalu dalam keadaan sehat. Namun, sungguh disayangkan di saat kegiatan akan dimulai ternyata beberapa teman yang berasal dari Lombok tidak dapat ikut berpartisipasi karena kendala koneksi, dimana saat itu ternyata cuaca di tempet mereka sedang tidak mendukung. Alhasil kegiatan pun tetap kami lakukan bersama sahabat alumni PPG yang berada di Bali. Mereka tersebar di beberapa daerah, ada yang tinggal di karangasem, kuta, mengwi, seputaran denpasar bahkan ada yang tinggal di Tabanan. Pandemi ini memang seakan - akan memenjarakan kita, karena kita tidak dapat secara leluasa untuk bepergian dan bertemu secara langsung, namun berkat teknologi kita dapat mengatasi hal tersebut, meskipun kita bertemu dalam dunia virtual secara tatap maya.

Saling menyapa Sahabat Alumni PPG Daljab Unram Tahun 2020

Tepat Pkl 19.00 Wita kegiatan pun  dimulai, dengan diawali dengan mengucap salam dan menayangkan video informasi mengenai Portal Rumah Belajar.

Kegiatan dibuka dengan menayangkan video pengenalan Portal Rumah Belajar


Kemudian kak Agus lanjutkan dengan mengakses Portal Rumah Belajar pada laman belajar.kemdikbud.go.id lalu memaparkan fitur - fitur yang ada pada Portal Rumah Belajar, dari Fitur Utama yang terdiri dari Sumber Belajar, Kelas Digital, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Pada Fitur Sumber Belajar Kak Agus mengajak sahabat alumni PPG untuk mencari video pembelajaran mapel matematika dengan memanfaatkan mode pencarian dan filter yang ada di bagian kanan atas laman fitur sumber belajar serta memaparkan cara memanfaatkannya pada pembelajaran. Pada kesempatan ini juga Kak Agus mengajak sahabat alumni PPG untuk turut mengisi konten - konten sumber belajar berupa video pembelajaran, sehingga dapat menambah dan melengkapi koleksi konten pembelajaran pada Portal Rumah Belajar.

Memaparkan fitur - fitur utama Portal Rumah Belajar





Memaparkan Fitur Sumber Belajar

Selain memaparkan konten - konten pada Sumber Belajar, Kak Agus juga memperkenalkan Laboratorium Maya kepada sahabat PPG. Pada kesempatan ini Kak Agus menunjukkan beberapa konten praktikum matematika yang dapat diterapkan di kelas seperti Grafik Fungsi Kuadrat, Hubungan Sudut Pusat dan Sudut keliling, Persamaan Garis lurus hingga Transformasi Geometri.

Memaparkan Fitur Laboratorium Maya



Mendemonstrasikan penggunaan
Laboratorium Maya pada pelajaran matematika

Setelah mencoba beberapa konten Fitur Utama, berikutnya Kak Agus memperkenalkan fitur pendukung yang ada pada Portal Rumah Belajar, yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan serta Edu Game. Pada kesempatan ini Kak Agus mengajak sahabat PPG untuk mencoba beberapa permainan pada Edu Game, salah satunya adalah permainan matematika yang berhubungan dengan materi Relasi dan Fungsi.

Memaparkan Fitur Pendukung Portal Rumah Belajar

Memaparkan Fitur Edugame dan
mendemonstrasikan salah satu Game Matematika

Berikutnya, setelah pemaparan mengenai fitur - fiutr pada Portal Rumah Belajar, kegiatan ini dilanjutkan oleh Kak Ika Desi yang memaparkan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran secara daring dan memanfaatkan konten - konten pada Portal Rumah Belajar. Adapun materi yang disampaikan oleh Kak Ika Desi adalah "Flipped Classroom" Rumah Belajar dalam Inovasi Pembelajaran. Pada kesempatan ini Kak Ika desi menyampaikan langkah - lankah pembelajaran dengan Model Flipped Classroom dan menunjukkan RPP yang dirancang dengan menerapkan model tersebut. Selain model Flipped Classroom, Kak Ika Desi juga memperkenalkan beberapa model pembelajaran yang merupakan rujukan dari pemerintah melalui Kemdikbud RI dalam melaksanaakn kegiatan pembelajaran selama masa pandemi dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar sebagai sumber belajar. Pada kesempatan ini pula Kak Ika Desi juga memperkenalkan laman http://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/ kepada sahabat PPG sebagai referensi kegiatan pembelajaran selama masa pandemi ini, di mana pada laman tersebut sahabat PPG dapat menemukan tutorial dari model - model pembelajaran yang telah dipaparkan.



Pemaparan dari Kak Ika Desi tentang Inovasi Pembelajaran
dengan Portal Rumah Belajar yang
menggunakan model Flipped Classroom


Pemaparan dari Kak Ika Desi


Contoh RPP yang menerapkan
Model Pembelajaran Flipped Classroom


Beberapa inovasi model pembelajaran
dengan Rumah Belajar

Selama kegiatan berlangsung sahabat PPG antusias mendengarkan pemaparan dari Kak Agus dan Kak Ika Desi. Bahkan mereka tanpa segan untuk langsung bertanya, baik secara langsung maupun melalui kolom chat. Akhirnya diskusi dan saling berbagi pengalaman mengenai kegiatan pembelajaran selama masa pandemi pun tak terjadi. Saling berargumen dan saling bertukar pikiran mengenai kendala dan solusi yang bisa kita lakukan untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik kita. Hingga akhirnya kita sepakat bahwa apapun media atau model pembelajaran yang kita lakukan, maka sebaiknya kita harus berupaya untuk memfasilitasi dan mengayomi semua peserta didik untuk belajar, karena mereka memiliki hak yang sama untuk memperoleh pembelajaran, meskipun terkendala oleh banyak faktor.
Sahabat PPG antusias mendengarkan pemaparan

Saling diksusi dan bertukar pikiran
mengenai kegiatan pembelajaran
daring yang telah dilakukan


Kegiatan yang direncanakan berakhir Pukul 20.00 Wita ternyata tanpa terasa terlewati dan melebihi alokasi waktu yang ditetapkan. Hal ini karena terlalu asyik dalam berdiskusi dan saling bertukar pikiran. Kegiatan ini pun kami akhiri dengan melakukan mini game berupa kuis berhadiah pulsa bagi pemenangnya. Kuis yang kami selenggarakan menggunakan Quizizz dengan soal - soalnya seputaran informasi mengenai Portal Rumah Belajar. Adapun pemenang dari kuis ini adalah sahabat kita dari Tabanan, yaitu Kak Hamid Nasruloh.

Kegiatan Kuis

Pemenang Kuis


Kegiatanpun kami tutup dengan mengucap salam Rumah Belajar, belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.
 
Berikut ini adalah daftar absensi dan tanggapan peserta terhadap kegiatan yang dilakukan.

Daftar Peserta

Tanggapan Peserta
menggunakan skala linier
5 (Sangat baik) dan 1 (Sangat Tidak baik)

Pesan dan Kesan Peserta

daftar presensi dan tanggapan peserta klik di sini 




Demikianlah cerita pertama Kak Agus dalam melakukan kegiatan Berbagi bersama Kak Ika Desi dan sahabat alumni PPG Daljab Unram tahun 2019. Semoga cerita ini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua untuk terus belajar dan terus berbagi. Salam sahabat rumah belajar, Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

0 Comments:

Posting Komentar