Rabu, 21 Oktober 2020

Chapter 5 : Berjumpa kawan lama dan sabahat baru di MGMP Matematika Denpasar dalam Road Show "Berbagi Itu Indah"

Halo sahabat, jumpa lagi dengan Kak Agus, kali ini Kakak ingin bercerita mengenai pengalam menarik yang Kak Agus alami saat melakukan kegiatan berbagi di kota Denpasar. Yuk kita baca ceritanya.

Senin, 12/10/20. Ini adalah kali pertama Kak Agus bertemu dengan Bapak/Ibu guru yang tergabung dalam komunitas MGMP Matematika SMA Kota Denpasar. Sebuah pengalaman baru untuk bisa berbagi dengan teman - teman baru dari kota Denpasar. Namun, ternyata cukup banyak juga sahabat lama yang saya temui pada kegiatan ini, bahkan saya berkesempatan untuk reunian dengan Ibu Guru yang mengajar saya saat duduk di Bangki SMA. Sungguh pengalaman yang luar biasa dalam kegiatan berbagi program PembaTIK level 4 ini.

Pada sesi berbagi kali ini saya ditemani dua teman Sahabat Rumah Belajar, yaitu Kakak I Wayan Suarma dengan materi pengenalan fitur-fitur Rumah Belajar dan Kakak Ika Desi sebagai moderator. Pada kesempatan kali ini Kak Agus mencoba untuk berbagi informa terkait pemanfaatan infografik dalam pembelajaran. 

Kegiatan ini diawali dengan pamaparan Kak Wayan Suarma yang menjelaskan detail-detail fitur Rumah Belajar termasuk cara pemanfaatannya. Beliau juga sempat mendemokan fitur terbaru Rumah Belajar yaitu Edugame. Kemudian pada sesi berikutnya Kak Agus memaparkan materi pengenalan Infografik serta menunjukkan beberapa inforgrafik yang dibuat oleh Kemdikbud pada laman Instagram Rumah Belajar. Selain itu Kak Agus juga menunjukkan beberapa contoh Infografik yang Kak Agus buat pada pembelajaran matematika dengan topik bahasan statistika. Setelah memaparkan informasi mengenai infografik, kemudian Kak Agus mendemonstarsikan pembuataninfografik dengan menggunakan Canva, serta mendemonstrasikan bagaimana cara memanfaatkan infografik pada sosial media dalam pelaksanaan pembelajaran.

Bapak Ketua MGMP Matematika SMA Kota Denpasar, Bapak Komang Karyasa, mewakili 42 peserta yang ikut bergabung, sangat antusias dan terbuka jika memang dari pihak SRB bisa terus berbagi bersama MGMP Matematika Kota Denpasar. Apalagi memang di MGMP Matematika Kota Denpasar diadakan pertemuan rutin. Beliau berpesan agar SRB selalu berbagi praktik baik dan tools pembelajaran materi kekinian untuk diterapkan bersama.


Daftar hadir kegiatan roadshow sesi ini dapat dilihat di : Presensi Sesi 2

Berikut merupakan cuplikan respon peserta kegiatan dan rekaman selaman kegiatan berlangsung.

Berikut merupakan cuplikan uraian materi yang Kak Agus sampaikan pada kegiatan ini.


0 Comments:

Posting Komentar