Rabu, 21 Oktober 2020

Chapter 4: Berkelana Bersama Rumah Belajar

 


Selasa, 6 Oktober 2020 menjadi agenda kedua Kak Agus dalam berbagi sebagai Sahabat Rumah Belajar  (SRB) tahun 2020. Setelah sebelumnya dapat berbagi dengan teman - teman alumni PPG Daljab Unram Tahun 2019, kini Kak Agus berkesempatan untuk berbagi lintas daerah melalui dunia virtual. Sebuah pengalaman yang sangat membahagiakan dapat berkenalan dengan rekan - rekan SRB dari 18 Provinsi di Indonesia, yaitu Bali, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, NTT, Riau, DI Yogyakarta, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Maluku, Jawa Timur, Lampung dan DKI Jakarta. Kegiatan berbagi kali ini merupakan inisiasi dari SRB Jawa Timur yaitu Kak Salma Nabila yang juga merupakan SRB tahun 2019. Berbekal pengalaman berbagi yang dia miliki, Kak Salma menghimpun para SRB dari berbagai provinsi untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan TIK. Dengan bertajuk "Berkelana Bersama Rumah Belajar" kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 - 10 Oktober 2020 setiap pukul 18.00-20.00 WIB.

Tegang, itulah perasaan yang Kak Agus rasakan saat memasuki room zoom. Karena selain kondisi badan yang kurang fit, juga menjadi pengalaman pertama untuk berbagi dengan sahabat dan teman baru. Namun semangat untuk berbagi seakan perlahan menghilangkan rasa kurang nyaman tersebut, dan Kak Agus pun perlahan - lahan dapat mengendalikan situasi dan mulai mamaparkan materi mengenai pembuatan video animasi dengan menggunakan aplikasi Sparkol Video Scribe.

Diawali dengan menampilkan portofolio video scribe yang sebelunya telah Kak Agus buat, kemudian satu persatu tool - tools yang ada pada video scribe, Kak Agus jelaskan dan demonstrasikan pemanfaatannya dalam pembuatan video animasi kepada sahabat yang berkesampatan hadir pada saat itu. Saat sedang asyik memaparkan tiba - tiba Kak Salma selaku moderator pada sesi saat itu memotong pemaparan saya dan menyampaikan bahwa ada tamu spesial yang telah hadir pada room. Tamu spesial itu adalah Ibu Ohorela Erma yaitu Kepala Balai Radio Pendidikan dan Kebudayaan. Sebuah kesempatan yang luar biasa, karena disela  - sela kesibukannya, beliau menyempatkan hadir ditengah - tengah kami dan memperkenalkan konten - konten yang ada pada Radio Edukasi, yang tentunya dapat kita manfaatkan untuk kegiatan pembelajaran selama masa pandemi ini.Ibu Ohorela Erma juga memaparkan bahwa fitur - fitur yang ada pada Radio Edukasi telah banyak dimanfaatkan oleh guru - guru dengan mengkombinasikannya dengan media - media lain, baik itu video maupun animasi.

Sembari mendengar pemaparan dari Ibu Ohorela Erma, saya pun tergerak untuk membuat animasi sederhana untuk mengajak para sahabat untuk mengakses dan memanfaatkan Radio Edukasi menggunakan sparkol video scribe. Ibu Ohorela Erma cukup terkesan dengan animasi yang Kak Agus buat dan meminta agar video animasi tersebut dikirimkan kepada beliau. Berikut ini adalah rekaman pemaparan saya dan cuplikan animasi yang saya buat untuk Radio Edukasi. 

I Made Agus Suputrayasa (SRB Bali)
Video Animasi Sparkol Video Scribe


Setelah Kak Agus selesai melakukan pemaparan, berikutnya dilanjutkan oleh Kak Rolla Fardila (SRB Jabar) dengan pepamarannya , yaitu Kreasi Video Pembelajaran Standar Rumah Belajar dengan Filmora. Kemudian dilanjutkan oleh Kak Rahmadona Sugiarti (SRB Sumut) yang memaparkan tentang Pusat Sumber Belajar Digital, dan diakhiri oleh lalu Kak M. Elfin Noor (SRB Jateng) melalui materinya yaitu Menjadi Kreator Video Ajar dengan Loom.

Rahmadona Sugiarti (SRB Sumut)
Pusat Sumber Belajar Digital

M. Elfin Noor (SRB Jateng)
Menjadi Kreator Video Ajar dengan Loom

Rolla Fardila (SRB Jabar)
Kreasi Video Pembelajaran Standar Rumah Belajar dengan Filmora

Bintang tamu Ibu Ohorela Erma dari Radio Edukasi

Paparan tentang Radio Edukasi


Sebuah pengalaman berbagi yang sangat seru dan juga materi yang disajikan sangat menarik dan menunjang dalam peningkatan kompetensi guru untuk berkreasi media pembelajaran audio visual.Adapun pada kegiatan ini tercatat ada 51 peserta yang tergabung pada room zoom meeting dan 195 penonton YouTube yang telah menonton rekamannya. Daftar presensi peserta dapat dilihat di sini.

Untuk rekapan lengkap dapat disaksikan pada video berikut.




0 Comments:

Posting Komentar