Rabu, 21 Oktober 2020

Vlog PembaTIK level 4 "Praktik Baik Inovasi Pembelajaran Model Flipped Classroom bersama Portal Rumah Belajar"

Masa pandemi ini telah mengubah kebiasaan belajar kita, yang biasanya kita lakukan tatap muka di sekolah berubah menjadi belajar dari rumah. Namun kita tidak perlu khawatir karena dengan teknologi informasi dan komunikasi kegiatan pembelajaran masih dapat kita lakukan, meski dari rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyediakan portal pembelajaran yang dapat kita akses secara gratis, yaitu Portal Rumah Belajar. Pada Portal Rumah Belajar terdapat fitur - fitur pembelajaran yang dapat kita gunakan sebagai sumber belajar untuk kegiatan belajar kita di rumah. Selain menyediakan sumber - sumber belajar, pada laman Portal Rumah Belajar juga menyediakan panduan pembelajaran inovatif berbantuan Portal Rumah Belajar yang dapat kita terapkan. Salah satu model pembelajarannya adalah model Flipped Classroom.

Model Flipped Classroom adalah membalik aktivitas pembelajaran, yakni aktivitas pembelajaran yang biasanya diselesaikan di kelas sekarang dapat diselesaikan di rumah dan aktivitas pembelajaran yang biasanya dikerjakan di rumah sekarang dapat diselesaikan di kelas. Model Flipped Classroom bisa juga diartikan bahwa peserta didik mempelajari materi terlebih dahulu melalui beragam media yang disediakan oleh pendidik. Sehingga, ketika pembelajaran di kelas berlangsung, pendidik tidak lagi memberikan materi dengan ceramah, tetapi peserta didik langsung melakukan aktivitas belajar sesuai petunjuk guru.

Berikut ini adalah vlog kegiatan pembelajaran Matematika kelas XII dengan materi Statistika yang saya lakukan. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk menuliskan saran untuk perbaikan dari kegiatan pembelajaran ini. Terima kasih.



0 Comments:

Posting Komentar