Senin, 19 Oktober 2020

Belajar dari rumah dengan Flipped Classroom bersama Rumah Belajar

Halo sahabat baca, jumpa lagi dengan Kak Agus. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai kegiatan pembelajaran yang Kakak laksanakan selama masa pandemi. Sejak memasuki tahun ajaran baru Kakak mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kelas XII MIPA dan IPS. Selama melaksanakan kegiatan pembelajaran Kakak menerapkan Model Flipped Classroom. Tahukah kalian apa itu Model Flipped Classroom? lalu bagaimana Kakak menerapkannya pada kegiatan pembelajaran? yuk kita cermati. Selamat membaca.



Apakah Model Flipped Classroom itu?

Model Flipped Classroom adalah membalik aktivitas pembelajaran, yakni aktivitas pembelajaran yang biasanya diselesaikan di kelas sekarang dapat diselesaikan di rumah dan aktivitas pembelajaran yang biasanya dikerjakan di rumah sekarang dapat diselesaikan di kelas. Model Flipped Classroom bisa juga diartikan bahwa peserta didik mempelajari materi terlebih dahulu melalui beragam media yang disediakan oleh pendidik. Sehingga, ketika pembelajaran di kelas berlangsung, pendidik tidak lagi memberikan materi dengan ceramah, tetapi peserta didik langsung melakukan aktivitas belajar sesuai petunjuk guru.

Pembelajaran pada umumnya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bereksplorasi, menggali informasi, berdiskusi, dan menyimpulkan materi pembelajaran di kelas. Setelah itu mengerjakan tugas di rumah. Namun, pada flipped classroom, peserta didik memulai aktifitas belajar di rumah dengan cara menonton video atau membaca bahan ajar yang di upload guru pada media sosial/LMS, kemudian membuat catatatan informasi penting, dan berdiskusi bersama teman dan guru secara online melalui media sosial/ LMS. Kemudian saat jadwal pelajaran di kelas peserta didik dan guru hanya mendiskusikan hal-hal yang belum dipahami peserta didik dari hasil belajarnya di rumah, atau mengerjakan soal latihan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi.

Gunyou (2015) melalui jurnal penelitiannya yang berjudul "I Flipped My Classroom: One Teacher’s Quest to Remain Relevant" memberikan contoh penerapan flipped classroom dengan menggunakan materi dalam bentuk video. Melalui video, peserta didik memiliki keleluasaan waktu dalam belajar. Selain video, juga disediakan kuis untuk mengetahui perkembangan belajar peserta didik. Pembelajaran aktif di kelas juga tetap dirancang sebagai sarana diskusi materi yang belum dipahami, penguatan terhadap materi yang terdapat dalam video yang sudah dipelajari sebelumnya. Diterapkan pula sesi pembelajaran aktif yaitu siswa mengerjakan tugas secara berkelompok. Selain itu juga diadakannya tutor untuk waktu tertentu bagi siswa yang membutuhkan tambahan penjelasan materi yang telah diberikan, kegiatan tutor yang diberikan berupa pengajuan pertanyaan secara langsung atau pun secara online melalui medsos/LMS.

Tahapan Penerapan Model Flipped Classroom saat BDR?

Pada masa pandemi, guru dan peserta melaksanakan program BDR yang merupakan akronim dari Belajar Dari Rumah. Berdasarkan Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Model Flipped Classroom, dengan langkah - langkah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik adalah sebagai berikut.
Langkah - langkah aktifitas siswa pada Model Flipped Classroom


Berdasarkan panduan tersebut Kak Agus merancang kegiatan pembelajaran Matematika Kls XII dengan materi Statistika, yang secara singkat langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Sebelum pembelajaran dimulai, peserta didik mengakses dan mempelajari materi pembelajaran melalui video dan bahan ajar berupa pdf yang telah Kakak unggah pada Blog dan kemudian mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan terkait materi tersebut,
  2. Pada hari pelaksaaan kegiatan pembelajaran, Kak Agus mengajak peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok secara online dengan memanfaatkan media yang dapat mereka akses, baik dengan video conference maupun dengan media sosial berupa chat (Whatsupp group atau Telegram). Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan permasalah-permasalahan yang mereka temukan dari langkah sebelumnya hingga menemukan simpulan bersama atas konsep yang didiskusikan.
  3. Setelah menemukan simpulan bersama, berikutnya peserta didik berdiskusi untuk berlatih meningkatkan kemampuan mereka berdasarkan konsep yang telah disepakati pada langkah sebelumnya dengan menjawab soal - soal latihan yang ada pada bahan ajar (pdf).
  4. Setelah kelas, peserta didik dibimbing untuk meningkatkan kemampuannya baik dengan cara mengulang pembelajaran ataupun menerapkan pada aspek yang berbeda, baik secara online ataupun offline.

Apa yang harus disiapkan untuk menerapkan Model Flipped Classroom saat BDR?

Agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu sumber - sumber belajar yang akan menjadi bahan belajar peserta didik serta media yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun media yang Kak Agus gunakan adalah Blog, Group Chat Telegram, dan Infografis. Sedangkan, sumber belajar sebagai bahan belajar peserta didik berupa video dan file pdf. Bahan ajar berupa file pdf, sebelumnya telah Kak Agus susun saat mengikuti kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab di tahun 2019. Sedangkan untuk video pembelajaran Kak Agus memanfaatkan video pembelajaran yang ada pada fitur sumber belajar dari Portal Rumah Belajar. Selain itu Kak Agus juga membuat video pembelajaran dan mengunggahnya pada kanal youtube Kak Agus. Kemudian, untuk meningkatkan minat membaca dan motivasi belajar peserta didik, Kak Agus juga menyiapkan infografis yang juga Kakak share di instagram. Setelah mempersiapkan sumber - sumber belajar. Kemudian video, bahan ajar pdf dan infografis yang telah disiapkan Kakak unggah ke dalam Blog menjadi satu postingan. Lalu Kakak kirimkan alamat link postingan Materi Statistika kls XII SMA tersebut pada group telegram masing - masing kelas.

Bagaimana kegiatan pembelajaran berlangsung ?

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kegiatan pembelajaran ini berdasarkan RPP yang dirancang.

Mengirimkan Laman Blog untuk
dipelajari peserta didik sebelum kegiatan pembelajaran
klik di sini untuk melihat blog


Video pembelajaran Statistika pada Channel Youtube


Infografis animasi yang berisi 
video pembelajaran dari Sumber Belajar Portal Rumah Belajar


Siswa mempelajari materi pada blog
dan membuat pertanyaan dan catatan penting


Mengarahkan siswa untuk melakukan
diskusi kelompok saat jam pelajaran




Salah satu dokumentasi diskusi kelompok siswa
menggunakan group chat


Masing - masing perwakilan kelompok
mengirimkan dokumentasi diskusi pada group kelas


Memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi siswa
dan memberikan motivasi


Mengajak peserta didik untuk berlatih
dengan menjawab soal - soal pada bahan ajar


Demikianlah cerita Kakak mengenai kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Flipped Classroom bersama Rumah Belajar. Terima kasih telah membaca. Jangan lupa berikan saran dan tanggapan sahabat baca untuk perbaikan kegiatan pembelajaran berikutnya, dengan menuliskan komentar


Sumber Referensi

0 Comments:

Posting Komentar